Bagi kalian yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak, Anda dapat mencoba memasak makanan beku di rumah. Biasanya frozen food ini dapat disimpan hingga berbulan-bulan dan masih dalam keadaan baik atau segar. Kami akan membagikan 5 tips menyimpan frozen food yang baik dan benar.

Frozen food atau makanan beku adalah salah satu makanan yang paling dicari karena mudah dalam penyajiannya. Cara penyimpanannya pun juga mudah dan dapat bertahan lebih lama. Jenis makanan frozen food ini juga cocok sebagai cemilan dirumah. Berikut adalah tips menyimpan frozen food yang baik :

1. Segera simpan di freezer

Frozen Food
Menyimpan frozen food ke freezer

Frozen food adalah makanan yang dapat bertahan berbulan-bulan dengan cara menyimpannya dalam freezer. Sebaiknya segera masukan frozen food ke dalam freezer setibanya di rumah setelah berbelanja. Hindari menyimpan frozen food ke dalam chiller karena dapat menurunkan kadar ketahanannya.

2. Simpan di wadah tertutup

Ketika frozen food sudah dibuka, simpan kembali ke dalam wadah yang tertutup rapat agar tekstur dan rasa dari makanan tidak berubah. Hindari juga menyimpan kedalam wadah yang tidak diperuntukan masuk ke dalam freezer karena dapat membahayakan kesehatan.

3. Masak dalam satu kali

Man cooking frying fresh healthy vegetables on pan on induction stove. Lifestyle background. View from above.

Pastikan Anda memasak frozen food dalam sekali habis, agar tidak di masukkan kembali ke dalam freezer. Makanan yang sudah dicairkan ulang dapat mengurangi kualitas dan juga rasa dari makanan.

4. Kemas ulang

Frozen red sour cherry in container on gray background. Close up.

Untuk mencegah makanan dicairkan berulang, Anda dapat mengakalinya dengan cara mengemas makanan per porsi sekali masak . Kemaslah frozen foodmu sesuai dengan kebutuhan memasakmu dan simpan masing-masing porsi ke dalam wadah yang kedap udara.

5. Tulis tanggal kadaluarsa

Agar memudahkan Anda dalam menentukan mana yang perlu di olah terlebih dahulu, tulislah tanggal kadaluarsa pada tiap kemasan. Olah lah frozen food dengan tanggal kadaluarsa yang lebih awal terlebih dahulu untuk mencegah makanan lewat dari tanggal kadaluarsa. Anda juga dapat menatanya dengan cara meletakan frozen food dengan tanggal kadaluarsa tercepat diatas, dan yang paling lama di bagian bawah.

Jangan lupa simpan frozen food-mu menggunakan wadah Thinwall LibraPack, karena desain tutup Thinwall LibraPack rapat dan anti bocor serta aman bila disimpan ke dalam freezer. Desain wadah dari Thinwall LibraPack juga dapat memudahkan Anda untuk menata dan menyusun makanan beku di dalam freezer.

Share This